pembuka profil penelitian&publikasi kuliah kontemplasi
8 Dec. 2008
Borobudur
Kalau saya ingat-ingat, rasanya sudah 10 tahun lebih saya tak melihat Candi Borobudur. Terakhir kali saya ke sana adalah tahun 1997, naik motor berdua dengan Miming *yg waktu itu masih berstatus pra-istri :-))*.

Minggu lalu kebetulan saya ada acara di Magelang, untuk turut memberikan pembekalan tentang Pemilu 2009 kepada DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yang akan memandu mahasiswa KKN pemantau pemilu UGM. Karena di sana saya menginap semalam, maka sekalian saja saya boyong the gank untuk berlibur sebentar. Lumayan sudah lama juga kami tidak berlibur sejak jalan-jalan di Bali tempo hari.

Di Magelang kami menginap di Hotel Puri Asri yang sangat nyaman dan menyenangkan itu (dan gratis hehehe…), namun tujuan utama liburan singkat ini adalah Candi Borobudur. Perdana dan Afkar belum pernah melihat candi ini. Meski sepanjang jalan saya ceritakan bahwa yang akan kita kunjungi adalah “the largest Buddhist temple in the world”, namun tetap saja mereka terkaget-kaget melihat bangunan candi yang besar dan menjulang itu. Kekaguman mereka lalu bercampur sedikit omelan karena harus mendaki candi di tengah suasana panas dan lembab karena mendung…

Sebagian foto-foto di Borobudur dan Magelang saya upload di sini.

...baca selengkapnya